• Jumat, 28 Januari 2022

Pengangguran Meningkat, Direktur P3WNI Zainul Arifin Desak Pemerintah Buka Pengiriman PMI ke Malaysia

- Jumat, 19 November 2021 | 09:51 WIB
Zainul Arifin  dan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia.  (Zainul Arifin Foto)
Zainul Arifin dan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia. (Zainul Arifin Foto)


Ceritanews.com - Direktur Pusat penyelesaian permasalahan warga negara Indonesia (P3WNI) Zainul Arifin mendesak Pemerintah Indonesia membuka kembali pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia.

Menurutnya, penundaan pengiriman PMI ke Malaysia berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan dan pengguran di daerah, dan juga masifnya pengiriman PMI secara Ilegal.

Hal ini sejalan dengan permintaan Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, pada Selasa, (9/11/2021). Pada pertemuan tersebut PM Malaysia berharap kedua negara dapat membuka border pintu masuk bagi Warga Malaysia maupun WNI untuk dapat masuk ke wilayah kedua negara dalam hal ini jalur udara dari Kuala Lumpur-Jakarta-Kuala Lumpur, dan Kuala Lumpur-Bali-Kuala Lumpur.

Saat iitu juga dibahas soal perlindungan PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang bekerja di Malaysia.

Baca Juga: Duta Besar dan Diplomat Asing adalah Intel? Ini Kata Mantan Kepala BIN Hendropriyono

Zainul mengungkapkan, banyak PMI yang bekerja di Malaysia dan calon PMI tidak memiliki kesejahteraan lantaran kedua negara belum memiliki komitmen yang tulus untuk melindungi dan melayani PMI dan Calon PMI yang bekerja di Malaysia.

"Isu lama dan terus berulang ini seakan tak akan berhenti dan terus menghantui kedua negara dikarenakan hubungan jiran yang dekat menjadi kedua negara ini terus memiliki hubungan diplomatik yang pasang surut," ungkap Zainul dalam keterangan tertulisnya ke ceritanews.com, Jumat 19 November 2021.

Dia menambahkan, berdasarkan data dari BP2MI terdapat 88.973 calon PMI yang sudah terdaftar di SISKOP2MI artinya mereka telah melalui proses tahapan-tahapan sebagai syarat untuk bekerja ke luar negeri.

Baca Juga: Inilah 5 Daerah Di Jawa Barat yang Masuk Kategori PPKM Level 1

Dari begitu bayak minat WNI untuk bekerja ke Luar Negeri tidak semuanya dapat diberangkatkan lantaran negara tujuan menjadi langganan PMI seperti Malaysia belum dibuka kembali untuk melakukan penetapan bagi PMI.

Halaman:

Editor: Dadan Ramdani

Tags

Terkini

Kenali Tempat Berlindung saat Terjadi Gempa

Jumat, 14 Januari 2022 | 19:50 WIB
X