• Senin, 29 November 2021

Heboh, Peneliti Indonesia di AS Temukan Calon Vaksin COVID-19 yang Ampuh Hadapi Varian Virus Corona

- Senin, 22 November 2021 | 14:42 WIB
Novalia Pishesha bersama BJ Habibie dalam unggahannya di Instagrama milik Novalia Pishesha @Novapishesha. (Instagram/@Novapishesha)
Novalia Pishesha bersama BJ Habibie dalam unggahannya di Instagrama milik Novalia Pishesha @Novapishesha. (Instagram/@Novapishesha)

Ceritanews.com – Kabar membanggakan datang dari luar negeri yakni tepatnya AS. Seorang Peneliti muda Indonesia di Amerika berhasil menemukan kandidat baru vaksin Covid-19 yang dinilai memiliki berbagai keunggulan dibanding vaksin Covid-19 lainnya.

Keunggulannya antara lain sesuai dengan teknologi yang ada di Indonesia, lebih murah dan mudah untuk diproduksi, serta lebih gampang untuk didistribusikan, karena tidak perlu lemari ekstra dingin untuk penyimpanannya.

“Karena (vaksin) ini kan protein-based, jadi lebih mudah untuk dibuat, untuk didistribusikan juga sangat mudah, karena kalau misalnya (vaksin) mRNA kan harus (disimpan pada suhu) dingin, terus vaksin yang lain juga harus dingin. Kalau yang ini bisa dikeringkan, jadi dilyophilized (pengeringan beku, red.), jadi bisa ringan juga untuk ditransfer ke mana-mana. Ditinggal di suhu ruangan satu-dua minggu juga nggak apa-apa,” papar Nova dikutip dari Voa Indonesia, Senin 22 November 2021.

Baca Juga: Ketum PSSI Mochamad Iriawan Apresiasi Kemenangan Perdana pada Laga Uji Coba Timnas U-18 di Turki

Sebenarnya siapa sosok dibalik penemuan vaksin tersebut? Ya, Dia adalah Novalia Pishesha, perempuan asal Singosari Jawa Timur ini sebagai Junior fellow atau peneliti junior di Society of Fellows, Universitas Harvard, Amerika Serikat.

ini yang masuk daftar 35 inovator Asia Pasifik berusia di bawah 35 tahun versi MIT Technology Review karena dianggap mempelopori teknologi nanobodi untuk pengobatan penyakit autoimun.

Sekadar informasi, bahwa "Innovators Under 35 MIT Technology Review" adalah sebuah penghargaan terhadap para inovator muda yang karya-karyanya dapat merevolusi gaya hidup dan membentuk masa depan dunia teknologi dan industri.

Baca Juga: Film Death Knot dan Kompilasi Jakarta Film Fund Ramaikan Hari Kedua Jakarta Film Week 2021

Beberapa sosok ternama pernah masuk kategori ini seperti pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, pendiri Google, Larry Page, dan pendiri Twitter, Jack Dorsey, sebelumnya juga menghiasi daftar tersebut.

Halaman:

Editor: Dadan Ramdani

Sumber: VOA Indonesia

Tags

Terkini

X