• Senin, 29 November 2021

Dede Rustandi Mengungkap Asal-Usul Nama Cimungkal Dengan Gamblang

- Rabu, 24 November 2021 | 09:49 WIB
Kepala Desa Cimungkal Kabupaten Sumedang, Dede Rustandi. (Facebook/Dede Rustandi)
Kepala Desa Cimungkal Kabupaten Sumedang, Dede Rustandi. (Facebook/Dede Rustandi)

Ceritanews.com - Dalam sejarah ataupun perjalanan pasti selalu ada yang mencatat, begitupun dengan perjalan sejarah sebuah tempat.

Ceritanews.com kali ini akan menceritakan perjalanan sejarah singkat sebuah desa yang bernama Desa Cimungkal, yang berada di di Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat percisnya di kaki Gunung Cakra Buana.

Menurut cerita rakyat dulunya Desa Cimungkal dikenal dengan sebutan Ciung Ungkal, dan ternyata dua kata tersebut memiliki makna atau filosofi yang dalam.

Baca Juga: Viral di Batam, Hewan Mirip Cacing Masuk Kaki, Ini Penjelasan Medisnya

Ciung adalah sebuah nama burung hitam yang selalu hinggap disebuah batu, dan Ungkal adalah sebuah nama batu.

Ciung dalam makna yang sesungguhnya memiliki makna tentang sebuah kejujuran dan kebenaran tatkala seseorang berbicara, dan Ungkal memiliki makna keteguhan hati keimanan seseorang terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Cimungkal Dede Rustandi (DR) beberapa tahun yang lalu pada saat menyambut "milangkala" hari lahir Desa Cimungkal yang ke seratus enam puluh sembilan (169).

"Ciung mengandung makna, ketika orang Cimungkal berbicara itu dapat dipercaya. Dan Ungkal atau batu, mudah-mudahan orang Cimungkal mempunyai keteguhan hati, keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa," ungkap Dede Rustandi, lima tahun yang lalu pernah ditayangkan di chanel Youtube Yayat Rudi Ruhiyat, yang kini sudah ditonton sebanyak 2,7 ribu kali.

Baca Juga: Telah Ditonton 400.000 Lebih Keluarga, Film Nusa Jadi Film Animasi Terbaik 2021

Halaman:

Editor: Dadan Ramdani

Tags

Terkini

X