• Senin, 29 November 2021

KH Noer Alie Tokoh Pejuang Bekasi yang Digelari Singa Karawang Bekasi

- Senin, 22 November 2021 | 17:30 WIB
KH Noer Alie.  (Tangkapan Layar Youtube Melawan Lupa Metro TV.)
KH Noer Alie. (Tangkapan Layar Youtube Melawan Lupa Metro TV.)

Ceritanews.com – Bagi warga Bekasi dan sekitarnya pasti tidak asing lagi dengan nama ini, KH Noer Alie. Pasalnya, namanya diabadikan di Jalan yang memanjang dari Lampiri Kalimalang hingga ke Perempatan Jalan Ahmad Yani.  

KH Noer Alie tidak bisa dilepaskan dari sejarah heroisme yang terjadi saat peristiwa pertempuran Karawang-Bekasi pada 13 Desember 1945. Saking terkenalnya, Sastrawan Chairil Anwar membuat karya puisi melegenda, berjudul Karawang-Bekasi.

KH Noer Ali, adalah seorang ulama kharismatik dan pejuang kemerdekaan yang ditakuti penjajah dan disebut-sebut sebagai “Singa Karawang-Bekasi” saat masa perebutan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah Belanda dan Jepang.

Baca Juga: Heboh, Peneliti Indonesia di AS Temukan Calon Vaksin COVID-19 yang Ampuh Hadapi Varian Virus Corona

Sosok yang lahir di Babelan, Bekasi, pada tahun 1914 memiliki wawasan yang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, dia telah melanglang buana belajar keislaman pada para ulama besar di Tanah Air maupun di Makkah.

KH Noer Alie merupakan anak keempat dari sepuluh bersaudara dari pasangan Anwar bin Layu dan Maimunah binti Tarbin. Di kampungnya, Anwar ayah KH Noer Ali termasuk warga kelas menengah yang memiliki tanah, sawah, rumah yang terbuat dari bahan kayu berkualitas baik.

Saat usia 8 tahun, KH Noer Ali telah belajar Al Quran kepada Guru Maksum di Kampung Bulak dan pengetahuan keislaman mengenai tarikh para Nabi, ahlak dan fiqih di sana.

Beranjak dewasa, KH Noer Ali terus memperdalam ilmu agama Islam terutama ilmu tauhid ke Guru Mughni di Ujung Malang belajar tentang tauhid. Dia dikenal sebagai santri paling cerdas.

Baca Juga: Ketum PSSI Mochamad Iriawan Apresiasi Kemenangan Perdana pada Laga Uji Coba Timnas U-18 di Turki

Halaman:

Editor: Dadan Ramdani

Tags

Terkini

X