• Kamis, 27 Januari 2022

Inilah 5 Daerah Di Jawa Barat yang Masuk Kategori PPKM Level 1

- Kamis, 18 November 2021 | 21:25 WIB
Sejumlah kendaraan melaju melambat di jalan raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu 29 Agustus 2021. Kepadatan kendaraan terjadi di jalur wisata Puncak, Bogor pada akhir pekan dan masa PPKM level 3 sehingga Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah secara situasional.  (Antara Foto/Arif Firmansyah)
Sejumlah kendaraan melaju melambat di jalan raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu 29 Agustus 2021. Kepadatan kendaraan terjadi di jalur wisata Puncak, Bogor pada akhir pekan dan masa PPKM level 3 sehingga Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah secara situasional. (Antara Foto/Arif Firmansyah)

Ceritanews.com - Lima daerah di Jawa Barat memasuki PPKM level 1 di antaranya Kota Cirebon, Kota Bogor, Pangandaran, Banjar dan Kabupaten Bekasi.

Hal itu berdasarkan Instruksi Mendagri No 60/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali yang berlaku 16 hingga 29 November 2021.

Sementara itu, daerah yang memasuki level 2 pun bertambah menjadi 13 wilayah di antaranya Majalengka, Cianjur dan Kabupaten Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Depok, Cimahi, Karawang, Ciamis, Kabupaten Bandung Barat, Sumedang dan Subang.

Baca Juga: Kisah Inspiratif M Kautsar Rintis Usaha Hanya Bermodal 500 Ribu Kini Beromset 9 Milyar Sebulan

Adapun daerah yang belum beranjak dari level 3 yaitu Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Purwakarta, Kota Tasikmalaya, Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Garut.

Dikutip ceritanews.com dari berita Pikiran-Rakyat.com berjudul "Update PPKM Jawa Barat, 5 Daerah Kini Jadi Level 1" Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa terdapat penambahan lima kabupaten (kab)/kota di Jawa-Bali yang masuk ke dalam Level 1 dan sepuluh kab/kota yang masuk dalam Level 2. Penetapan ini akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

“Dalam asesmen yang akan berlaku dalam dua minggu ke depan, terdapat penambahan kabupaten/kota yang masuk ke dalam Level 2 sebanyak 10 kabupaten/kota dan Level 1 sebanyak 5 kabupaten/kota. Sehingga jumlah keseluruhan kabupaten/kota yang masuk ke dalam Level 1 menjadi 26 kabupaten/kota, Level 2 menjadi 61 kabupaten/kota, dan Level 3 menjadi 41 kabupaten/kota. Terkait detail keputusan ini akan kembali dituangkan dalam Inmendagri,” ujar Luhut, dalam keterangan pers yang disampaikan secara tertulis, Senin 15 November 2021.

Meski daerah Level 1 dan 2 terus bertambah, Menko Marves tetap mengingatkan pentingnya kehati-hatian bersama dalam menghadapi pandemi mengingat terdapat indikasi peningkatan angka reproduksi efektif (Rt) yang menunjukkan sinyal peningkatan kasus di Jawa-Bali dalam sepekan terakhir ini.

Hal ini juga dapat terlihat dari beberapa kab/kota di Jawa-Bali yang mulai mengalami peningkatan kasus dan perawatan mingguan. Terdapat 29 persen kab/kota yang mengalami peningkatan kasus dibandingkan minggu lalu dan 34 persen kab/kota yang mengalami peningkatan orang yang dirawat dibandingkan minggu lalu.

Halaman:

Editor: Moh Hatta Tahir

Tags

Terkini

X