• Senin, 29 November 2021

KPK Tetapkan Bupati Hulu Sungai Utara Tersangka Suap dan Gratifikasi Proyek

- Sabtu, 20 November 2021 | 06:27 WIB
KPK menggelar jumpa pers terkait penetapan tersangka korupsi Bupati Hulu Sungai Utara di Gedung KPK RI Jakarta, Kamis 18 November 2021.  (twitter/@KPK_RI)
KPK menggelar jumpa pers terkait penetapan tersangka korupsi Bupati Hulu Sungai Utara di Gedung KPK RI Jakarta, Kamis 18 November 2021. (twitter/@KPK_RI)

Ceritanews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan AW, Bupati Hulu Sungai Utara periode 2017 s.d 2022 sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi proyek.

AW diduga melakukan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan tahun 2021-2022.

Kasus ini merupakan pengembangan dari kegiatan tangkap tangan KPK pada 15 September 2021 atas MK selaku Plt. Kadis PU pada Dinas PUPRT Kabupaten Hulu Sungai Utara sekaligus PPK dan KPA, MRH selaku Direktur CV Hanamas, dan FH selaku Direktur CV Kalpataru.

AW diduga telah menerima penyerahan sejumlah uang dari MK atas penunjukkannya sebagai Plt. Kepala Dinas PUPRP Kabupaten HSU melalui perantara Ajudan AW pada Desember 2018.

Baca Juga: Tim Densus 88 Antiteror Tangkap Ulama MUI, Tagar UlamaBukanTeroris Trending di Twitter

Pada awal tahun 2021, MK menemui AW untuk melaporkan plotting paket pekerjaan lelang pada Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPRP tahun 2021.

Komitmen fee yang diduga telah diterima AW melalui MK sejumlah sekitar Rp500 juta dari MRH dan FH.

Selain itu, Tersangka AW juga diduga menerima komitmen fee dari beberapa proyek lainnya melalui perantaraan beberapa pihak di Dinas PUPRP Kabupaten Hulu Sungai Utara, sebagai berikut:

"Selama proses penyidikan berlangsung tim penyidik KPK telah mengamankan sejumlah uang dengan pecahan mata uang rupiah dan mata uang asing yang saat ini masih terus melakukan perhitungan," ucap Ketua KPK Firli Bahuri saat konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Kamis 18 November 2021.

Halaman:

Editor: Dadan Ramdani

Tags

Terkini

X